Monday, March 28, 2016

✿´•*¨*•.¸¸❥ Pelbagai Minuman - Resepi Air Longan @ Air Mata Kucing ✿´•*¨*•.¸¸❥

Boleh beli longan kering kat kedai cina jual herba (sheng shei), GIANT & Tesco Sepeket RM5. Khasiatnya air longan aka mata kucing ni ialah boleh banyakkan air susu adalah air longan sebab membuatnya pun x susah mana pun .. InsyaAllah >_<.



Bahan2Nya :
---------------------

  • Sebungkus longan kering
  • Sebungkus Red Dates - sy x campurkan sbb x brp suka la ngan tastenya ...
  • Sebiji gula Melaka - boleh guna gula batu juga
  • Gula pasir secukup rasa
  • Daun pandan 




Cara2 MembuatNya :
---------------------------

  • Basuh bersih buah longan kering + kurma merah. Pastikan xde pasir2 melekat ya ... Ada 2 jenis longan ni, sy suka yg nmpk 'cun' sikit tu bewarna mcm 'fresh' gitu ...dan rasanya lebih yummy gitu ... Pic mcm kat bawah ya :-



  • Rebuskan longan+kurma merah bersama air. (tak nak letak kurma merah pon tak per,, sy x letak sbb x x brp suka date jenis kering ni). Biarkan buah longan hingga kembang..









  • Boleh di minum seisi keluarga. Bagus untuk sejukkan badan juga. Ibu-ibu yg sedang pregnant juga bagus minum longan kering ini (tapi kena berpada-pada jugak, jgn berlebihan). 
  • Khasiat lain boleh kebahkan demam, menambah nafsu makan & mencegah anemia.
  • Buah ini mengandung zat besi, magnesium, fosfor, potassium, vitamin A dan c, tiamin, kalsium, serat, protein.



INFO PASAL LONGAN DARI SEBERANG:


Lengkeng (juga disebut kelengkeng, matakucing, atau longan, Dimocarpus longan, suku lerak-lerakan atau Sapindaceae) adalah tanaman buah-buahan yang berasal dari daratan Asia Tenggara. Pohon lengkeng dapat mencapai tinggi 40 m dan diameter batangnya hingga sekitar 1 m. Buahnya bulat, coklat kekuningan, hampir gundul; licin, berbutir-butir, berbintil kasar atau beronak, bergantung pada jenisnya. Daging buah (arilus)tipis berwarna putih dan agak bening. Pembungkus biji berwarna coklat kehitaman, mengkilat. Buah-buah ini terutama dimakan dalam keadaan segar atau dalam kemasan buah kaleng.
Manfaat buah Lengkeng


Buah segar dikonsumsi untuk mengurangi demam, dan buah kering sebagai obat untuk insomnia. Daun mengandung quercetin, dengan sifat antioksidan dan antivirus, dan digunakan dalam pengobatan alergi, kanser, diabetes dan penyakit kardiovaskuler.

Daging buah lengkeng mengandung sukrosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, asam tartarik, dan senyawa-senyawa kimia tumbuhan (fitokimia) lainnya yang berguna bagi kesehatan. Kombinasi dari senyawa-senyawa fitokimia ini melahirkan berbagai khasiat. Dalam literature dan buku terapi buah , antara lain disebutkan :
  • memberikan efek penenang
  • berkhasiat mengatasi gelisah, susah tidur, dan sulit konsentrasi.
  • bermanfaat menyehatkan jantung dan bisa mengobati jantung berdebar keras.
  • dapat memperkuat limpa,
  • meningkatkan produksi darah merah,
  • menambah nafsu makan,
  • menambah tenaga, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang dalam proses pemulihan stamina sehabis sakit.
  • menyehatkan usus
  • memperbaiki proses penyerapan makanan, 
  • melancarkan buang air kecil,
  • Hernia
  • mengatasi cacingan, 
  • menyehatkan mata,
  • mengobati sakit kepala,
  • keputihan

Biji, buah, daun dan bunga lengkeng juga digunakan sebagai bahan obat tradisional, terutama dalam ramuan Tiongkok. Daunnya mengandung quercetin dan quercitrin.
 

Manfaat Akar, Daun, Biji dan Kayu .
------------------------------------------------------



Bagian dari tanaman lengkeng yang berkasiat bukan cuma buahnya saja. Akar dan daun lengkeng yang berasa pahit, bahkan biji yang keras pun menyimpan khasiat obat.

Khasiatnya antara lain adalah :

  • Akar lengkeng berkhasiat sebagai peluruh kencing dan melancarkan sirkulasi darah. 
  • Daun mengandung quercetin, dengan sifat antioksidan dan antivirus, dan digunakan dalam pengobatan alergi, kanker, diabetes dan penyakit kardiovaskuler . Juga berkhasiat sebagai antiradang dan pereda demam.
  • Adapun bijinya berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan menghentikan pendarahan. Biji lengkeng ini juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuat sampo, karena mengandung senyawa saponin yang dapat menghasilkan busa dalam jumlah banyak.
Kayu lengkeng merupakan kayu yang cukup baik untuk konstruksi ringan dalam rumah dan bahan perkakas.

Referensi :
>http://id.shvoong.com/medicine-and-health/alternative-medicine/1801295-khasiat-buah-lengkeng/
> http://id.wikipedia.org/wiki/Lengkeng
> http://www.montosogardens.com/dimocarpus_longan.htm

Post a Comment